FOOD TERMINOLOGY #8

1. Gado-gado


10 Makanan Khas Indonesia yang Paling Disukai Negara Lain, Enak Banget

      Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Indonesia yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah dan yang dihaluskan disertai irisan telur dan pada umumnya banyak yang menambahkan kentang rebus yang sudah dihaluskan untuk saus gado gado kentang rebus dimasak bersamaan dengan bumbu kacang kemudian di atasnya ditaburi bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan. Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tetapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong.
       Makanan khas Jawa yang bisa disebut sebagai "saladnya" Indonesia ini cukup terkenal di luar negeri, terutama di Napoli, Italia. Hal ini dikarenakan gado-gado pernah diikutsertakan dalam kompetisi yang bersaing dengan hidangan dari negara-negara lainnya dan meraih juara pertama. Terhitung dari nilai estetika yang dimiliki, keunikan bahan yang digunakan, serta cita rasa yang dinilai sangat tinggi.


2. Sop Buntut
10 Makanan Khas Indonesia yang Paling Disukai Negara Lain, Enak Banget

     Sop buntut adalah salah satu masakan populer dalam masakan Indonesia. Terbuat dari potongan ekor sapi yang dibumbui kemudian dibakar atau digoreng dan dimasukkan kedalam kuah kaldu sapi yang agak bening bersama irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledry dan taburan bawang goreng. Sop buntut Indonesia dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lokal, seperti merica, pala, dan cengkeh. Variasi yang relatif baru disebut "Sop Buntut Goreng" yaitu buntut goreng yang dibumbui disajikan kering, sementara kuah sup kaldunya disajikan dalam mangkuk terpisah.

      Sop buntut sapi, selain digemari masyarakat Indonesia, ternyata juga disukai penduduk Spanyol. Mereka menyukai makanan ini sejak pertama kali kedutaan Indonesia di Italia mengenalkan keanekaragaman makanan khas kita. Kesukaan rakyat Spanyol akan hidangan sapi pun terpuaskan dengan adanya sop buntut ini.


3. Tempe
10 Makanan Khas Indonesia yang Paling Disukai Negara Lain, Enak Banget

     Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus Oligosporus, Rh. Oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai "ragi tempe". Kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia. Secara umum, tempe berwarna putih karena pertumbuhan miselia kapang yang merekatkan biji-biji kedelai sehingga terbentuk tekstur yang memadat. Degradasi komponen-komponen kedelai pada fermentasi membuat tempe memiliki rasa dan aroma khas. Berbeda dengan tahu, tempe terasa agak masam.
     Tempe yang terbuat dari kacang kedelai bisa digabungkan dengan cara penyajian yang bervariatif. Namun tahukah kamu, masyarakat Jepang membuat hidangan ini sebagai salah satu favorit mereka lho. Berawal dari seseorang yang menjual tempe dalam sebuah bazaar kuliner Jepang. Sekali mencoba, mereka langsung menyukainya.

4. Rendang
10 Makanan Khas Indonesia yang Paling Disukai Negara Lain, Enak Banget

       Rendang atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santn kelapa. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan.
       Selain disukai masyarakat Indonesia, makanan khas Sumatera Barat ini juga tersohor hingga seluruh penjuru dunia. Rendang berada di posisi pertama dalam jajaran 50 makanan dunia terenak versi CNN yang diadakan di Jerman beberapa waktu lalu. Rasanya yang khas dan keempukan dagingnya menjadi faktor penentu utama.

5. Nasi Goreng
10 Makanan Khas Indonesia yang Paling Disukai Negara Lain, Enak Banget

       Nasi goreng merupakan sajian nasi yang digoreng dalam sebuah wajan atau penggorengan menghasilkan cita rasa berbeda karena dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, merica dan kecap manis. Selain itu, ditambahkan bahan-bahan pelengkap seperti telur, sayur-sayuran, makanan laut, atau daging. Makanan tersebut seringkali disantap sendiri atau disertai dengan hidangan lainnya.
       Setiap negara memiliki menu nasi goreng. Namun, rasa nasi goreng Indonesia lebih khas karena memakai bumbu lengkap. Gak heran kalau nasi goreng Indonesia juga sempat masuk dalam daftar makanan terenak di dunia. Presiden Amerika Serikat ke-44 Barrack Obama pun sangat menyukai nasi goreng khas Indonesia.

6. Mie Goreng
10 Makanan Khas Indonesia yang Paling Disukai Negara Lain, Enak Banget

      Mi goreng berarti "mi yang digoreng" adalah makanan yang populer dan digemari di Indonesia, Malaysia, dan Sigapura. Mi goreng terbuat dari mi kuning yang digoreng dengan sedikit minyak goreng, dan ditambahkan bawang putih, bawang merah, udang serta daging ayam atau daging sapi, irisan bakso, cabai, sayuran, tomat, telur ayam, dan acar. Makanan ini sangat populer dan dapat ditemui di mana-mana di Indonesia, mulai dari pedagang pinggir jalan (kaki lima) sampai restoran mewah. Pasangan nasi goreng ini bisa kamu temukan di mana-mana. Variasi bumbu dan bahan membuat lezatnya mie goreng khas Indonesia tak tertandingi.

7. Bakso
10 Makanan Khas Indonesia yang Paling Disukai Negara Lain, Enak Banget

      Bakso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai. Dan ternyata bakso jadi salah satu makanan favorit warga Tiongkok lho. Pasalnya, bakso yang ada di Indonesia dibuat dari daging sapi yang lebih menggugah selera, ditambah dengan gorengan atau pangsit untuk melengkapinya.

8. Sate
10 Makanan Khas Indonesia yang Paling Disukai Negara Lain, Enak Banget

     Sate adalah makanan yang terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu. Sate disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate. Daging yang dijadikan sate antara lain daging ayam, kambing, domba, sapi, babi, kelinci, kuda, dan lain-lain.
     Sate Padang dan sate Madura menjadi varian yang paling dikenal sekaligus favorit banyak orang. Belakangan, tidak hanya wisatawan asing yang mencari dan ingin mencoba sate, tetapi sejumlah restoran internasional telah memasukkan sate dalam menunya. Di New York, terdapat sebuah restoran bernama Satay Junction yang menyediakan sate ayam sebagai hidangan andalannya.

9. Gudeg
10 Makanan Khas Indonesia yang Paling Disukai Negara Lain, Enak Banget

      Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari Nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.
     Makanan khas Yogyakarta ini telah menarik perhatian masyarakat Indonesia, bahkan di kalangan internasional. Pasalnya, banyak negara yang ingin mengimpornya dalam bentuk kalengan. Menariknya lagi, di Melbourne, Australia, terdapat satu restoran yang telah menyajikan gudeg asli dari Indonesia, tepatnya di Clayton Road.

10. Soto
10 Makanan Khas Indonesia yang Paling Disukai Negara Lain, Enak Banget

       Soto, sroto, sauto, tauto, atau coto adalah makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi dan ayam, tetapi ada pula yang menggunakan daging babi atau kambing. Berbagai daerah di Indonesia memiliki soto khas daerahnya masing-masing dengan komposisi yang berbeda-beda, misalnya soto Madura, soto Kediri, soto Pemalang, soto Lamongan, soto Jepara, , soto Kudus, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, sroto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, dan coto Makassar. Soto juga diberi nama sesuai isinya, misalnya soto ayam, soto baabat, dan soto kambing. Ada pula soto yang dibuat dari daging kaki sapi yang disebut dengan Soto Sekengkel. Keunikan setiap rempah dan ciri khas masing-masing inilah yang membuat soto menjadi salah satu makanan ternama di dunia. Masyarakat Ibaraki, Jepang, pun telah terbiasa dengan cita rasa yang telah diperkenalkan beberapa pelajar Indonesia yang ada di sana.

Comments