FOOD TERMINOLOGY #7

1. Rendang 
Rendang adalah masakan yang mengandung bumbu rempah yang kaya. selain bahan dasar daging, rendang menggunakan santan kelapa , dan campuran dari berbagai bumbu khas yang dihaluskan diantaranya cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah dan aneka bumbu lainnya.
2. Coto Makassar 
Coto Makassar adalah makassar tradisional Makassar, Makanan ini terbuat dari jeroan (isi perut)
yang direbus dalam waktu yang lama. kemudian rebusan jeroan di iris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. 
3. Sate
 Sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging kecil-kecil yang ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bumbu kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu. Sate disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate.
4. Bakso 
 Bakso adalah  jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, dan udang.
5. Steik
Bistik atau steik adalah sepotong besar daging, biasanya daging sapi. Daging merah, dada ayam dan ikan seringkali dipotong menjadi steik. kebanyakan steik dipotong tegak lurus dengan serat otot, menambah kelegitan daging. Steik biasanya dimasak dengan dipanggang, meskipun dapat digoreng atau di-''broil''.
 
6. Dendeng 
 Dendeng adalah makanan daging yang dipotong tipis, lemaknya dibuang, kemudian dibumbui dan di keringkan. dendeng adalah makanan yang diawetkan. dendeng memiliki rasa asin dan manis yang menjadi ciri khasnya. dalam pembuatannya, daging harus dikeringkan dengan cepat untuk memperlambat pertumbuhan bakteri
7. Semur
 Semur adalah makanan yang memiliki cita rasa manis, semur ini biasa berisikan daging sapi, kentang, tahu, telur, dan biasa juga ditambah dengan potongan tomat umtuk menambahkan rasa segar. diperlukan waktu lama untuk memasak semur agar bumbunya benar-benar meresap.
8. Iga Bakar
Olahan makanan yang terbuat dari ig sapi ini memiliki ciri khas rasa gurih, pedas dn manis. iga bakar ini juga di lengkapi dengan baluran kecap dan sambal.
9. Tongseng
Tongseng adalah sejenis gulai dengan bumbu yang lebih tajam. perbedaan yang lebih jelas adalah pada penggunaan dagingnya. tongseng dibuat dengan menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga.
10. Abon
Abon adalah makanan yang terbuat dari serat daging hewan. Penampilannya biasanya berwarna coklat terang hingga kehitam-hitaman dikarenakan bumbu kecap. abon tampak seperti serat-serat kapas, karena di dominasi oleh serat-serat otot yang mengering yang disuwir-suwir.

Comments