Laporan Harian 04/04

Halo kawan...
Setelah libur akhirnya kami kembali lagi untuk melanjutkan praktik.

Saya tiba di kampus pada pukul 8 lalu saya segera one-line dan senior mengabsen kami terlebih dahulu sebelum masuk. Setelah itu kami segera one-line di cold kitchen lalu berdoa bersama sebelum memulai praktik.

Pada hari ini menu kami adalah masakan khas Celebes dan kelompok saya mendapatkan menu Sosok Utan atau bisa juga disebut dengan Sosok Dalle, masakan ini berasal dari Tana Toraja.

Bahan utama untuk membuat sosok utan adalah  bayam, labu, jagung, ayam, dan kaldu ayam. Tetapi ayam yang akan kami gunakan ternyata belum di thawing dan kami belum membuat kaldu ayam. Untungnya ada kaldu ayam yang tersedia di dalam freezer jadi kami menggunakan kaldu ayam itu.

Sambil menunggu ayam yang di thawing, kami menyiapkan sayuran dan bumbu yang akan digunakan untuk membuat sosok utan. Ayam yang sudah kami thawing, di brained selama 2 jam dan di sous vide selama 5 menit di suhu 65,5 derajat celcius.

Selain itu, beberapa dari kami mengerjakan sayuran dan ada juga yang membuat bumbu. Setelah semuanya sudah siap, kami mulai memasak sayur dan marinasi ayam yang akan dipanggang.


Sambil memanggang ayam, sayuran dimasak dengan teknik simmering agar nanti tetap hangat pada saat dihidangkan. Setelah ayamnya matang, kami segera mem-plating hidangan kami. Setelah itu, kami beristirahat lalu melakukan general cleaning.


Sesudah general cleaning, kami istirahat sejenak sambil menunggu waktu pulang.

Comments