Food Terminology #12

1. Japchae
Hasil gambar untuk japchae
Japchae adalah makanan Korea berupa sohun yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi. Makanan ini termasuk salah satu banchan, dan dimakan sebagai lauk, terutama dalam pesta dan kesempatan khusus. Sayuran yang digunakan biasanya sayuran yang sedang musim.

2. Kimchi
Hasil gambar untuk kimchi
Kimchi adalah makanan tradisional Korea, yang berasal dari tiongkok salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.

3. Gimbab
Hasil gambar untuk kimbap
Gimbap adalah jenis makanan Korea yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut. Gimbap populer sebagai makanan yang dibawa piknik, hiking atau aktivitas lain di luar ruangan. 

4. Bibimbap
Hasil gambar untuk bibimbap
Bibimbap adalah masakan Korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang. Namanya secara harafiah berarti "nasi campur" yang berasal dari kata 비빔 dan 밥. Sebelum dimakan, nasi dan lauk diaduk menjadi satu.

5. Ramyeon
makanan khas korea Ramyun korean instan noodle
Ramyeon atau Ramyun adalah hidangan mi kuah ala Korea. Mi ramyeon dapat dibuat dari mi basah atau mi instan.

6. Jjajangmyeon
makanan korea korean black bean noodle
Jajangmyeon adalah jenis Masakan Korea yaitu mi saus pasta kacang kedelai hitam. Jajangmyeon dipengaruhi kuliner Tionghoa, dan orang Tiongkok biasa menyebutnya Zhajiangmian. Jajang artinya saus goreng, dan myeon artinya mi.

7. Miyeok Guk
makanan khas korea sup rumput laut
Miyeokguk adalah guk yang bahan utamanya miyeok. Kuah terbuat dari kaldu tulang sapi dan kecap. Menurut tradisi, orang Korea menyajikan sup rumput laut kepada ibu yang baru melahirkan karena dipercaya miyeok dapat memperbanyak asi. Makan sup miyeok juga dilakukan pada hari ulang tahun.

8. Bulgogi
Hasil gambar untuk bulgogi
Bulgogi adalah olahan daging asal Korea. Daging yang digunakan antara lain daging sirloin atau bagian daging sapi pilihan. Bumbu bulgogi adalah campuran kecap asin dan gula ditambah rempah lain bergantung pada resep dan daerah di Korea.

9. Samgyetang
Hasil gambar untuk samgyetang
Samgyetang adalah sup ayam ginseng masakan Korea. Sup ini berisi ayam muda dalam keadaan utuh yang direbus dengan api kecil selama 2-3 jam hingga empuk. Seporsi sup dalam panci kecil biasanya dimakan oleh satu orang. Samgyetang dimakan dengan tambahan merica, garam, dan kimchi yang disediakan di atas meja.

10. Sannakji
gurita hidup korea Sannakji live octopus
Sannakji atau sannakji hoe merupakan makanan asal Korea yang terbuat dari gurita yang masih hidup yang dibumbui dengan wijen dan minyak wijen. Ada beberapa restoran yang menyajikan Sannakji hanya dengan meletakkannya di piring dengan sisa-sisa air garam dan melengkapinya dengan saus terpisah.

Comments