Food Terminology #13

1. Pho
Hasil gambar untuk pho
Phở adalah masakan mi sapi dari Vietnam. Makanan ini berasal dari Hanoi dan menyebar ke selatan hingga ke Kota Ho Chi Minh, dan ke seluruh dunia. Mi untuk phở disebut bánh phở, dibuat dari tepung beras.

2. Banh Cuon

adalah lembaran tipis adonan kukus yang diisi dengan daging giling, bengkuang  dan jamur kuping.

3. Goi cuon

Lumpia Vietnam, lumpia musim panas, atau lumpia salad, hidangan tradisional dalam masakan Vietnam yang terdiri dari daging babi, udang, sayuran, bún, dan bahan lainnya yang dibungkus dalam bánh tráng Vietnam. Makanan ini umumnya disajikan dalam suhu ruangan dan tidak digoreng atau dimasak bagian luarnya.

4. Banh Xeo

Bánh xèo, secara harfiah "pancake mendesis", dinamai karena suara mendesis nyaring yang dihasilkan ketika adonan nasi dituangkan ke dalam wajan panas; itu adalah pancake goreng gurih Vietnam yang terbuat dari tepung beras, air, dan bubuk kunyit.

5. Com Tam 

Cơm tấm, atau nasi pecah, adalah hidangan Vietnam yang terbuat dari beras dengan butiran beras pecah-pecah. T refersm mengacu pada butiran beras yang rusak, sementara cơm mengacu pada nasi yang dimasak.

6. Banh Mi

Bánh mì atau bánh mỳ adalah roti baguette khas Vietnam yang terbuat dari tepung gandum dan beras. Roti, atau lebih khusus lagi baguette, diperkenalkan oleh orang Prancis selama masa kolonial di Vietnam.

7. Cha ko to 

Cha kho to adalah ikan yang dimasak di dalam claypot atau hotpot yang menjaganya hangat. Rasanya pun gurih manis karena dibumbui kecap, kecap ikan, lada hitam, serta sedikit santan. Bumbu pun terserap ke dalam ikan sehingga rasanya gurih.

8. Chao

Bubur khas vietnam yang biasa disajikan hangat ini biasa dilengkapi dengan irisan daging ayam, ikan, jeroan, hingga remahan roti yang sebelumnya digoreng dengan renyah.
Kemudian, hidangan ini semakin kaya akan rasa setelah ditaburi dengan bawang dan lada hitam bubuk, toge, dan irisan daun jeruk nipis. Selanjutnya, jahe dan saus ikan juga dijadikan sebagai pelengkap dari sajian hidangan yang satu ini.
9. Banh ran
Hasil gambar untuk banh cam
Bánh rán adalah hidangan nasi ketan goreng dari Vietnam utara. Di Vietnam, bánh adalah kategori makanan termasuk kue, pai, dan kue kering, sedangkan rán berarti "digoreng." Kulit luarnya terbuat dari tepung beras ketan, dan ditutup dengan biji wijen putih.
10. Bun Cha


Hasil gambar untuk bun cha
Bún chả adalah hidangan Vietnam berupa daging babi dan mie panggang, yang diperkirakan berasal dari Hanoi, Vietnam. Bún chả disajikan dengan daging babi berlemak panggang di atas sepiring mie nasi putih dan rempah-rempah dengan lauk saus.

Comments