Internship Daily Activity #1

Hai guys....

Kali ini saya akan berbagi pengalaman training selama 6 bulan kedepan.
Saya memilih training di hotel Four Seasons Jakarta yang beralamat di Capital Place, Jl. Gatot Subroto No.Kav. 18, RT.6/RW.1, Kuningan Bar., Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 
Hasil gambar untuk four seasons jakarta 

Di hotel ini saya training bersama 6 teman lainnya yaitu Jocelin, Adhi, Yuyun, Ekki, dan Nugi.
Waktu training kami terhitung mulai tanggal 15 July 2019. 

Pada tanggal 15 July kami datang ke hotel untuk mengikuti orientasi. Selama orientasi kami di beritahu peraturan-peraturan yang harus kami patuhi selama mengikuti  training di Four Seasons Hotel, Jakarta. Setelah itu kami yang akan training di departemen Kitchen berkumpul di Training Room untuk dijelaskan SOP yang ada di kitchen hotel dan di bawa berkeliling melihat kitchen yang ada sebelum bekerja keesokan harinya.

Dilantai B1 ada Vege Wash, Canteen's Kitchen, Dry store, Store Chiller and Freezer, Egg Chiller, Pastry and Bakery Kitchen, Meat and Seafood Preparation ( Butcher ), Pot Washing Area, Commisary ( Fruit and Vegetable Preparation, and vegetable chiller), Garde Manger, dan main production kitchen. Di lantai 1 ada Palm Court Restaurant's Kitchen, dan di lantai 20 ada Alto Restaurant's Kitchen.


Saya mendapatkan section Canteen, Butcher dan Commisary. Pada bulan pertama saya bekerja di kitchen canteen, disini saya banyak belajar memasak menu-menu masakan indonesia seperti soto bogor, soto madura, soto babat, tongseng, gulai dan masih banyak masakan lainnya. 

Saat memulai hari pertama bekerja di kitchen hotel rasanya sangat menegangkan karena saya baru pertama kali akan bekerja di kitchen hotel, tetapi bekerja di kitchen hotel tidak seperti yang saya bayangkan staf-staf disini baik, mereka juga humoris sehingga situasi saat bekerja tidak terasa tegang dan tidak segan mengajar kita ilmu-ilmu yang mereka miliki.

Saya mulai bekerja jam 8 pagi lalu pada jam setengah 11 kami mulai set up untuk lunch dan pada setengah 3 sore kami closing dan break hingga jam 4 sore, setelah itu pada jam 4.45 kami mulai set up untuk dinner dan pada jam 5 sore saya pulang kerumah 

Pada minggu pertama saya membantu memasak nasi, dan prepare condiment untuk menu keesokan harinya.

Pada minggu kedua saya mulai diajarkan untuk memasak menggunakan wok, awalnya terasa sulit tetapi lama kelamaan saya sudah mulai mahir memasak menggunakan wok.

Sekian pengalaman saya pada 2 minggu pertama ini, sampai jumpa di minggu selanjutnya....


Comments