DAILY ACTIVITY 28 JANUARY 2020

Halo kawan-kawan....
Hari ini adalah hari kedua diminggu praktik. Di hari kedua ini kami akan menyelesaikan menu Celebes Buffet yang sudah diprepare kemarin. Maka dari itu pada hari ini kami masuk jam 7 pagi. setelah tiba di kampus, kami menunggu teman-teman yang belum tiba sambil mempersiapkan perlengkapan yang akan digunakan sebelum memulai praktik dan merapikan grooming kami.

Setelah semuanya sudah datang kami akhirnya memulai praktik kami. Pertama-tama kami mengeluarkan semua bahan yang sudah di prepare. Sesudah itu kami menggoreng paru yang sudah dipotong untuk sop saudara. Setelah itu kami menumis bumbu halus untuk sop saudara dan sayur labu santan setelah itu, keduanya di beri air, daging dan sayuran dimasukkan ke dalam masing-masing bumbunya dan diberi seasoning lalu setelah matang masakan kami di sajikan di restaurant.

Setelah menu Celebes Buffet disajikan, kami mulai mempersiapkan menu Indonesian Buffet.menu Indonesian Buffet terdiri atas appetizer, soup, main course, dan dessert. Pada kali ini, kelompok 1 mendapat kesempatan membuat soup, kelompok 2 membuat main course, kelompok 3 membuat dessert, dan kelompok 4 membuat appetizer. Appetizernya terdiri dari Dojang Nakeng dan Rujak Mie. Dojang Nakeng adalah salah satu makanan laut atau biasa disebut seafood yang mana bahan utamanya adalah udang dan cumi kemudian di campur dengan beberapa bahan seperti seafood stock, sereh, daun jeruk, bawang merah, cabe merah, daun mint dan kelapa sangrai . Menu ini asli dari Flores, Nusa Tenggara Barat. 
Rujak Mie adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari mie yang menggunakan saus cuka dan gula merah. Isi lengkapnya terdiri dari mie kuning, soun, dan tauge. Mie rujak dari Palembang menggunakan mie kuning basah dan soun sebagai bahan utamanya. Bentuk pelengkap lainnya yaitu tahu, tauge yang telah diseduh air panas dan mentimun.

Soupnya terdiri dari Soto Banjar dan Ikan Cuka. Soto Banjar adalah soto khas suku BanjarKalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih. Soto berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, rebusan telur, dan ketupatSeperti halnya soto ayam, bumbu soto Banjar berupa bawang merahbawang putih dan merica, tetapi tidak memakai kunyit. Bumbu ditumis lebih dulu dengan sedikit minyak goreng atau minyak samin hingga harum sebelum dimasukkan ke dalam kuah rebusan ayam. Rempah-rempah nantinya diangkat agar tidak ikut masuk ke dalam mangkuk sewaktu dihidangkan. 
Ikan cuka Cuka atau Ikan Cuko yang biasa disebut seperti itu, adalah Ikan Sisiak sejenis Ikan Tuna kecil di pasar kota Padang, digoreng bumbu dan dikombinasikan dengan bawang bombay, seluruh cabai ditambah bumbu kemudian ditambah dengan cuka asam untuk menghasilkan hidangan gurih.Bawang yang telah dimasak dalam campuran saus dan bumbu yang terasa di lidah,  memasak hidangan ini harus sabar karena butuh beberapa tahap seperti menyiapkan bahan, menggoreng ikan kemudian menyatukan semuanya menjadi satu kesatuan sup.

Main coursenya terdiri dari Terong Santan, Plecing Sayur, Daging Rendang, dan Ayam Bakar Taliwang. Plecing Sayur adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Lombok. Plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan sambal tomat, yang dibuat dari Cabai rawit, garam, terasi dan tomat, dan kadangkala diberi tetesan jeruk limau. sebagai pendamping Ayam taliwang, plecing kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti taoge, kacang panjang, kacang tanah goreng, ataupun urap. Rendang adalah  masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan. 
Ayam Bakar Taliwang adalah makanan khas TaliwangSumbawa BaratNusa Tenggara Barat yang berbahan dasar daging ayam. Daging ayam tersebut dibakar dengan bumbu cabai merah kering, bawang merahbawang putihtomatterasi goreng, kencurgula merah, dan garam. Makanan ini biasanya disajikan bersama makanan khas Lombok yang lain, misalnya plecing kangkung.

Dessertnya ada Doko-doko Cang Kuning dan Bubuh Injin. Doko-doko cang kuning adalah merupakan kue tradisional khas suku Bugis-Makassar. Orang Bugis biasa menyebutnya Doko-doko Cangkuning, sedangkan orang Makassar memanggil dengan sebutan Roko-roko Cangkuning. Kue ini identik dengan balutan daun pisang yang berbentuk kerucut. Doko artinya bungkus yang diisi dengan adonan Bugis yang disebut Cangkuning. Karena dibungkus lagi dengan daun, makanya dinamakan Doko-doko Cangkuning.
Bubuh Injin lebih dikenal sebagai bubur ketan hitam yang berasal dari pulau Bali. Tidak ada yang membedakannya dari bubur ketan hitam. Mungkin hanya memberi nama khusus yang berbeda di setiap area.Krim bubuh ini terbuat dari beras ketan hitam yang dimasak dengan gula merah. Sebagai pelengkap, biasanya diberikan areh atau santan kental yang dimasak dengan garam dan daun pandan harum. Ada juga menyajikan bubuh injin dengan tidak memberikan areh tetapi dengan taburan kelapa parut tadi. Bubuh injin biasanya disajikan di acara apa saja, pesta kumpul orang. Warna bubuh injin ini berwarna hitam dengan rasa harmoni yang manis dan gurih. Taburan Areh atau kelapa di atasnya menambah rasa agar bubuh ini lebih enak dan enak. Agar terasa lebih segar, bubuh injin juga bisa disajikan dengan menyediakan beberapa potong es batu.

Kelompok saya mendapatkan kesempatan membuat main course. Pertama-tama kami mengambil bahan-bahan untuk membuat bumbu rendang dan ayam taliwang, sementara beberapa anggota kelompok kami mempersiapkan bahan untuk terong santan dan plecing sayur. Bumbu rendang dan ayam taliwang yang sudah disiapkan dihaluskan terlebih dahulu setelah itu di tumis hingga matang setelah itu di campurkan dengan ayam dan daging yang sudah dipotong-potong lalu di sous vide kurang lebih 4 jam. Tetapi bumbu rendang yang saya buat warnanya tidak terlalu gelap karena cabe merah untuk membuat bumbunya hanya tersisa sedikit. Setelah selesai menyiapkan kondimen untuk Indonesian Buffet, kami beristirahat untuk makan siang bersama, setelah itu kami mulai melakukan general cleaning, sesudah general cleaning kami beristirahat lagi sambil menunggu waktu pulang kerumah. 



* ENGLISH VERSION *
Hello friends ....
Today is the second day of practice week. On this second day we will finish the Celebes Buffet menu which was prepared yesterday. Therefore, today we come at 7 in the morning. after arriving at campus, we wait for friends who haven't arrived  and tidying up our attribute and our grooming before starting our practice.

After everyone had arrived we finally started our practice. First we take out all the ingredients that have been prepared. After that we fry the lung that has been cut for sop saudara. After that we saute the spices for our sop saudara and sayur labu santan after that, both are given water, meat and vegetables are put into each spices. After that put the seasoning and when it’s cooked we serve our dish into the restaurant.

After the Celebes Buffet menu was served, we began preparing the Indonesian Buffet menu. The Indonesian Buffet menu consisted of appetizers, soups, main courses and dessert. This time, group 1 had the opportunity to make soup, group 2 made the main course, group 3 made dessert, and group 4 made an appetizer. The appetizer consists of Dojang Nakeng and Rujak Mie. Dojang Nakeng is one of the seafood where the main ingredients are shrimp and squid then mixed with several ingredients such as seafood stock, lemon grass, lime leaves, onion, red chili, mint leaves and roasted coconut. This menu is original from Flores, West Nusa Tenggara. 
Rujak Mie is a typical Palembang food made from noodles that uses vinegar sauce and brown sugar. The complete contents consist of yellow noodles, glass noodles, and bean sprouts. Rujak noodles from Palembang use wet yellow noodles and glass noodles as the main ingredients. Another complementary form is tofu, bean sprouts that have been brewed with hot water and cucumbers.

The soup consists of Soto Banjar and Ikan Cuka. Soto Banjar is a typical soto of the Banjar tribe, South Kalimantan with the main ingredients of chicken and aromatic spices such as cinnamon, nutmeg, and cloves. Soto contains shredded chicken, with added potato fritters or boiled potatoes, boiled eggs, and ketupat. Like soto ayam, soto banjar spices are shallots, garlic and pepper, but does not use turmeric. The spices sauteed first with a little bit of cooking oil or refined oil until fragrant before being put into chicken stew. The spices are then removed so that they do not get into the bowl when served.
Ikan cuka or Ikan Cuko, Is  Sisiak Fish (a type of small tuna fish in the Padang city market), fried with seasoning and combined with onions, all the chili plus seasoning and then added with acid vinegar to produce savory dishes. Cooked onions in a mixture of sauce and seasoning that is tasted on the tongue, cooking this dish must be patient because it takes several steps such as preparing ingredients, frying fish and then uniting them all into one soup.

The main courses consist of  Terong Santan, Plecing Sayur, Daging Rendang, and Ayam Bakar Taliwang. Plecing Sayur is a typical Indonesian cuisine originating from Lombok. Plecing sayur consists of boiled water spinach and served cold and fresh with tomato sauce, made from bird eye chillies, salt, shrimp paste and tomato, and sometimes given a drop of lime. as a complement of Ayam Taliwang, plecing sayur is usually served with additional vegetables such as bean sprouts, long beans, fried peanuts, or urap. 
Rendang is a spicy meat cuisine that uses a mixture of various herbs and spices. This dish is produced from a cooking process that is heated repeatedly with coconut milk. The cooking process takes many hours (usually around four hours) to dry and turn black. At room temperature, rendang can last for weeks. Rendang which is cooked in a shorter time and the coconut milk has not dried up is called kalio, which is light golden brown.
 Ayam Bakar Taliwang is a typical food of Taliwang, West Sumbawa, West Nusa Tenggara which is made from chicken meat. The chicken is grilled with dried red chili seasonings, onion, garlic, tomatoes, fried shrimp paste, cutcherry, brown sugar and salt. This food is usually served with other typical Lombok food, such as plecing kangkung.

The desserts included Doko-doko Cang Kuning and Bubuh Injin. Doko-doko cang kuning is a traditional cake typical of the Bugis-Makassar tribe. Bugis people used to call it Doko-doko Cangkuning, while the Makassar people called it Roko-roko Cangkuning. This cake is identical to a cone-shaped banana leaf dressing. Doko means a wrapper filled with Bugis dough called Cangkuning. Because it's wrapped again with leaves, that's why it's called Doko-doko Cangkuning.
Bubuh Injin better known as black sticky rice porridge originating from the island of Bali. There is nothing that distinguishes it from black sticky rice porridge. Maybe just have a different course name in each area. This creamy cream is made from black sticky rice cooked with brown sugar. As a complement, it is usually use areh or thick coconut milk cooked with salt and fragrant pandan leaves. Its also usually served by not giving areh but with a sprinkling of grated coconut. Bubuh Injin are usually presented at any event, party gathering people. The color of bubuh injin is black with a sweet and savory harmony. Sprinkling of Areh or coconut on top adds flavor so that this mush is more delicious and delicious. To make it feel fresher, bubuh injin can also be served by given a few pieces of ice cubes.

My group got the chance to make a main course. First we took the ingredients to make rendang and ayam taliwang, while some members of our group prepared ingredients for terong santan and plecing sayur. The spices of rendang and Taliwang chicken that has been prepared is mashed first after that stir-fried it until cooked after that the mashed spices mixed with chicken and meat that has been cut and then sous vide for approximately 4 hours. But the rendang seasoning that I made is not too dark because the red chili to make the mashed spices is only a little bit left. After finishing preparing the condiments for Indonesian Buffet, we rested for lunch together, after that we started doing general cleaning, after general cleaning we rested again while waiting for the time to go home.
















Comments